Thursday, July 25, 2013

Mengapresiasi Karya Seni Lukis Kaligrafi

Mengapresiasi Lukisan Kaligrafi milik
Nama : Fazat Faridah Alfani
Kelas : XI - AXL
No. Absen : 06

Assalammu'alaikum wr.wb
Ini Pak Heri tugas saya

Ciri Fisik:
Lukisan Kaligrafi milik saya berlafadzkan bahasa arab yakni tulisan 'Allah' dengan khot tsulusi seperti foto dibawah ini:
tulisannya sangat mirip namun kaligrafi saya berwarna putih dengan latar tulisan berwarna kuning cerah yang terkesan tebal dan bersinar cerah. Lalu di bawah lafadz 'Allah' terdapat tulisan 'the One and Only' yang memakai huruf alfabet dengan warna kuning yang diberi goresan-goresan tipis berwarna hijau sehingga terkesan bersinar cerah namun kecerahannya tak seperti lafadz Allah

Warna yang dominan dari lukisan saya adalah warna hitam kebiru-biruan yang sengaja saya lukiskan agar lukisan saya terkesan di malam hari yang gelap. Dan lafadz arab serta tulisan dibuat berwarna cerah seakan-akan adalah satu-satunya penerangan di malam itu.

Di pojok kanan bawah terdapat inisial nama saya dan deretan angka yang errr.... rahasia.Inisial memakai warna kuning dan untuk deretan angka memakai warna putih. Sebenarnya di bagian background terdapat semburat-semburat putih, sengaja saya melukiskannya seperti semburat karena saya mengumpamakan itu adalah awan yang sedang melintas di langit malam, seperti yang biasa kita lihat di langit di malam hari.

Untuk tekstur, agak terasa kasar. Karena kanvas yang saya beli harus saya relakan untuk teman saya dan akhirnya saya membeli kanvas yang tidak terlalu memadai sebenarnya untuk dipakai melukis. Bahkan sangat mudah kendor sehingga saya harus ekstra hati-hati menggoreskan kuas diatasnya.

Untuk pigura berwarna coklat. sungguh !! saya tidak tahu kalau background saya itu berwarna coklat., karena ayah sayalah yang membawanya untuk dipasangkan pigura. Namun, untung saja warna coklatnya adalah coklat tua jadi tidak terlalu melihat mencolok

Awalnya mungkin saya melukis kaligrafi ini atas dasar tugas SENI BUDAYA. Namun, jujur saja saya menikmati ketika saya melukis di atas kanvas saya. Itu mmbuat saya ingin terus melukis lagi dan lagi dan pada akhirnya saya bangga atas karya saya yang saya buat selama 1 bulan lebih (karena liburan) ini. Saya sangat mengapresiasi karya saya.

Apresiasi :
Jika anda mendalami lukisan saya, maka anda akan merasakan sesuatu yang diinginkan sang pelukis. Yakni, bahwa Allah adalah satu-satunya tuhan kita dan yang akan membantu kita dari kegelapan dengan kecerahan sinarnya. Jadi hadirnya Allah seperti bulan di malam hari, yang selalu menemani di kala apapun dan bersinar terang disaat kita dalam kegelapan. Subhanallah!!

Sekian dulu tugas dari saya pak. terima kasih bimbingannya !

Wassalammu'alaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment