Monday, March 4, 2013

Musikalisasi Puisi

Sebenernya apa sih musikalisasi puisi itu ???
Sesungguhnya (?) aku tau apa itu namun agar lebih afdhol *opo kalian simak yang dibawah ini

Musikalisasi puisi juga merupakan karya seni. Penciptaan karya seni ini dimulai memahami isi puisi. Kemudian ditampilkan dalam bentuk musikal. Pengertian musik adalah bunyi yang dihasilkan oleh instrumen tertentu atau suara yang disusun atau dimainkan untuk menciptakan efek yang menyenangkan atau menggugah perasaan.
Dalam musikalisasi puisi , musik digunakan untuk memperindah penampilan puisi dan memperkuat makna puisi. Inti utama musikalisasi puisi adalah menampilkan puisi.
Musikalisasi puisi bukanlah membaca puisi dengan iringan musik, melainkan melagukan sebuah puisi menjadi nyanyian. (ini menurut salah satu ahli)

Musikalisasi puisi adalah puisi yang di nanyikan sehingga seorang pendengar yang  kurang paham menjadi paham, yang tidak bisa menggambarkan sebuah isi puisi bisa tau isi puisi tersebut. Dengan mengkolaborasikan antara sastra dan musik.
Musikalisasi puisi sudah menjadi sebagian dari sastra dan seni (Si A)

nah segitu aja ...
jadi intinya musikalisasi puisi adalah melagukan suatu puisi dengan memahaminya terlebih dahulu kemudian melagukannya dengan diiringi aalt musik (nggak harus kok) dan yang pasti untuk membuat seseorang mengerti menyukai dan mengerti maksud puisi tersebut kkk~ (ini menurut saya)

nah ini ada video musikalisasi puisi yang pernah dibawakan Ipeka Internasional Klik
http://www.youtube.com/watch?v=qS3HfiF2G_A

No comments:

Post a Comment